Pages

This is default featured slide 1 title

Easy to customize it, from your blogger dashboard, not needed to know the codes etc. Video tutorial is available, also a support forum which will help to install template correctly. By DeluxeTemplates.net

This is default featured slide 2 title

Easy to customize it, from your blogger dashboard, not needed to know the codes etc. Video tutorial is available, also a support forum which will help to install template correctly. By DeluxeTemplates.net

This is default featured slide 3 title

Easy to customize it, from your blogger dashboard, not needed to know the codes etc. Video tutorial is available, also a support forum which will help to install template correctly. By DeluxeTemplates.net

This is default featured slide 4 title

Easy to customize it, from your blogger dashboard, not needed to know the codes etc. Video tutorial is available, also a support forum which will help to install template correctly. By DeluxeTemplates.net

This is default featured slide 5 title

Easy to customize it, from your blogger dashboard, not needed to know the codes etc. Video tutorial is available, also a support forum which will help to install template correctly. By DeluxeTemplates.net

Rabu, 06 Mei 2009

METODE CEPAT BELAJAR BAHASA ARAB

METODE CEPAT BELAJAR BAHASA ARAB
Berikut metode cepat untuk menguasai dan mempermudah belajar bahasa arab:
1. Hendaknya kita mengikhlaskan niat dalam belajar untuk menunaikan kewajiban kita kepada Allah dan membekali diri dengan ilmu agar bisa beramal saleh. Karena amal tidak akan diterima tanpa niat dan cara yang benar. Sementara niat dan cara yang benar tidak akan diperoleh kecuali dengan ilmu. Oleh sebab itu imam Bukhari rahimahullah membuat sebuah bab dalam Kitabul Ilmi di kitab sahih Bukhari yang berjudul ‘Ilmu sebelum ucapan dan perbuatan’. Dalilnya adalah firman Allah (yang artinya), “Ketahuilah bahwa tidak ada sesembahan (yang benar) selain Allah dan mintalah ampunan untuk dosamu…” (QS. Muhammad: 19). Selain itu hendaknya kita berdoa kepada Allah untuk diberikan ilmu yang bermanfaat.
2. Sebelum lebih jauh mempelajari kaidah bahasa Arab maka sudah semestinya kita mempelajari cara membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan hukum-hukum tajwid agar tidak salah dalam membaca atau mengucapkan. Padahal, salah baca atau salah ucap akan menimbulkan perbedaan makna bahkan memutarbalikkan fakta. Suatu kata yang seharusnya berkedudukan sebagai pelaku berubah menjadi objek dan seterusnya. Tentu saja hal ini –membaca dengan benar serta mengikuti kaidah-tidak bisa disepelekan.
3. Menambah kosakata merupakan salah satu sebab utama untuk melancarkan proses belajar kaidah dan membaca kitab. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membeli Kamus Bahasa Arab-Indonesia seperti Al-Munawwir, atau dengan membeli kamus kecil Al-Mufradat yang berisi kosakata yang sering digunakan dalam kitab-kitab para ulama. Selain itu bisa juga dengan membeli satu jenis buku dengan 2 versi; asli bahasa Arab dan terjemahan. Dengan memiliki kitab berbahasa Arab akan memacu pemiliknya untuk bisa membacanya. Sedangkan dengan terjemahannya akan membantu dalam proses belajar membaca kitab ketika menemukan kata-kata atau ungkapan yang susah dimengerti.

4. Hendaknya mencari guru yang benar-benar memahami materi kaidah bahasa Arab dan bisa mengajarkannya. Untuk poin ini mungkin sangat bervariasi –tidak bisa diberi batasan yang kaku-, karena tingkat pemahaman orang terhadap kaidah bahasa arab juga bertingkat-tingkat. Hanya saja yang dimaksud di sini adalah perlunya memilih guru yang mengajarkan materi dengan dasar ilmu bukan dengan kebodohan.
5. Dibutuhkan kesabaran untuk terus mengikuti pelajaran dan mengulang-ulang pelajaran (muraja’ah) agar pemahaman yang dimiliki semakin kuat tertanam. Apabila menemukan hal-hal yang belum dipahami hendaknya segera menanyakan kepada pengajar atau orang yang lebih tahu dalam hal itu. Az-Zuhri rahimahullah mengatakan, “Sesungguhnya ilmu itu dicari seiring dengan perjalanan siang dan malam, barangsiapa yang ingin mendapatkan segudang ilmu secara tiba-tiba niscaya ilmu yang diperolehnya akan cepat hilang.”
6. Hendaknya bersungguh-sungguh dalam belajar. Allah ta’ala berfirman (yang artinya), “Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh di jalan Kami niscaya Kami pun akan memudahkan baginya jalan-jalan menuju keridhaan Kami.” (QS. Al-Ankabut: 69). Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan bahwa di dalam ayat ini Allah ta’ala mengaitkan antara hidayah dengan kesungguh-sungguhan/jihad. Maka orang yang paling besar hidayahnya adalah orang yang paling besar kesungguhan/jihadnya. Pepatah arab mengatakan, “Barangsiapa yang bersungguh-sungguh, niscaya dia akan mendapatkan.”
7. Untuk bisa mendukung pembelajaran bahasa Arab bagi pemula maka mengikuti kajian-kajian kitab berbahasa Arab merupakan salah satu sarana yang paling efektif untuk membiasakan diri dengan kata atau istilah bahasa Arab yang termaktub di kitab-kitab para ulama. Kitab-kitab yang sudah semestinya dikaji oleh pemula adalah kitab-kitab yang membahas perkara-perkara agama yang harus dipahaminya seperti kitab yang membahas dasar-dasar tauhid semacam Al-Qawa’id Al-Arba’, Tsalatsatu Ushul, dan Kitab Tauhid yang ketiga-tiganya merupakan karya Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah. Apabila tidak bisa mengikuti secara langsung maka bisa diupayakan dengan mendengarkan CD kajiannya atau bahkan kalau ada yang berupa format VCD.
8. Membaca buku pelajaran kaidah bahasa Arab. Buku-buku pelajaran kaidah bahasa Arab dengan pengantar bahasa Indonesia yang bisa didapatkan misalnya; Ilmu Nahwu Praktis sistem belajar 40 jam karya A. Zakaria (untuk pemula) dan Ringkasan Kaidah-Kaidah Bahasa Arab karya Ustadz Aunur rafiq Ghufron, Lc. (untuk menengah). Atau bagi yang ingin mendengarkan audio pelajaran bahasa Arab bisa mendownload di internet dengan alamat http://badar.muslim.or.id
Semoga berhasil dengan cepat menguasai bahasa arab. Ãmîn.

3 komentar:

  1. aamiin. terima kasih banyak, metode yg bagus.
    http://kafebuku.com/kamus-praktis-percakapan-bahasa-arab/

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum. Saya bersama tim telah menyusun buku pedoman belajar membaca kitab kuning (kitab pegon) sistematis, praktis dan cepat bernama Manzilah untuk tingkat dasar dan Thoriqoh untuk tingkat menengah atas.Bagi yang membutuhkan, silakan hubungi : 081999910077 dan siap memberikan diklat selam minimal 2 hari bila dibutuhkan. Terima kasih Wassalam

    BalasHapus
  3. Praktek Baca Kitab Kuning / Pegon Tepat dan Cepat THORIQOH
    Kitab berbahasa arab karya para ulama tempo dulu, hingga saat ini masih dipelajari oleh kalangan pemuda/di, khususnya di Pondok Pesantren di Indonesia. Kitab yang dikenal dengan sebutan "kitab kuning", karena kabanyakan dicetak di atas kertas berwarna kuning ini sangat penting dipelajari dan bahkan fardhu 'ain dipelajari bagi setiap individu umat islam, karena di dalamnya menganalisa berbagai penjelasan hukum-hukum syri'at islam sebagai jabaran dari AL Qur'an dan Al Hadits.
    Untuk mempelajari kitab ini, para siswa/santri sering merasa kesulitan, lantaran harus belajar tata bahasa arab yang mereka anggap "sulit" bahkan tidak jarang terjadi mereka harus berhenti mempelajarinya dengan berbagai asumsi dan alasan yang sebenarnya tidak masuk akal, seperti tidak prospektif, dan lain-lain. Belajar kitab kuning membutuhkan waktu lama minimal 3 tahun, kalau dilakukan secara aktif dan intensif. Sementara kebanyakan para siswa / santri ingin belajar cepat dan praktis. Oleh karena itu upaya-upaya yang dilakukan para guru dan kaum intelektual lainnya untuk menciptakan metode pembelajarannya secara cepat dan praktis telah banyak dilakukan. Salah satunya adalah metode THORIQOH atau MANZILAH yang telah dipublikasikan sejak tahun 2007 hingga saat ini dan telah terbukti hasilnya, terutrama bagi siswa-siswa/santri pemula dalam belajar gramatikal bahasa arab, karena metode ini lebih menekankan kepada praktek membaca ketimbang kepada teori-teori yang menghabiskan waktu lama.
    Kitab THORIQOH yang dikenal dengan nama MKKT (Musyawarah Kitab Kuning Metode THORIQOH) ini 75 persen diarahkan pada praktek membaca kitab Fathul Qorieb (kitab bertuliskan arab tak berharkat) yang membahas tentang tata cara beribadah kepada Allah SWT, masalah transaksi jual beli, pernikahan dan lain-lain yang tepat dan benar sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW.
    Buku Thoriqoh ini dapat dipelajari hanya dalam waktu singkat. Insya Allah 2- 6 bulan saja, mereka sudah bisa membaca dan memahami isinya plus hafal kaidah-kaidah Alfiyah, Al Maqsud, Nadzom Ma'anil Huruf, Imriti dan lain-lain. Namun sayangnya, kitab ini belum tersebar secara luas, walaupun telah diterbitkan sejak tahun 2007 yang lalu. Hal ini, karena faktor pendanaan yang sangat minim. Namun bagi siswa/santri yang berminat belajar melalui metode ini, Yayasan AL Amir yang terletak di Desa Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep Madura Jawa Timur tetap bersedia melayani. Kami ingin membuktikan keberhasilan kitab ini kepada anda dan bukan hanya hanya sebatas ngomong saja.
    Untuk yang berminat hubungi saja Hp. penemu metode Thoriqoh ini : Drs. H. Muhammad Muhsin Amir 081 9999 100 77 . Terima Kasih, semoga Allah me-Ridhoi kita semua. Amin !

    BalasHapus